Sabtu, 08 Oktober 2011

KETIDAKNYAMANAN YANG UMUM DALAM MASA KEHAMILAN


Saat kehamilan adalah saat yang paling menyenangkan bagi seorang ibu. Namun, ada juga ketidaknyamanan yang dirasakan oleh ibu hamil. Apa saja ketidaknyamanan itu? Ini dia ketidaknyamanan yang umum dirasakan oleh ibu dalam masa kehamilannya.
Sumber : Asuhan Antenatal, 2003
1.       Chloasma
Chloasma adalah bercak-bercak kecoklatan diwajah yang sering terjadi saat hamil. Hal ini disebabkan karena peningkatan hormone kehamilan. Untuk meringankan atau mencegah chloasma, hindari sinar matahari berlebihan, gunakan bahan pelindung non alergis, dan hindari penggunaan hydroquinones.
2.       Sering buang air kecil
Hal ini terjadi karena tekanan rahim terhadap kandung kemih, karena itu tidak merlukan pengobatan khusus.
3.       Garis-gsris di perut
Geris-geris di perut atau sering disebut dengan striae gravidarum. Hal ini bisa timbul akibat perubahan hormon atau gabungan antara gabungan perubahan hormone dan peregangan.
4.       Gatal-gatal
Kemungkinan karena hipersensitivitas terhadap antigen placenta.Gunakan kompres air dingin, atau gunakan bodilotion untuk mengurangi keluhan.
5.       Gusi berdarah
Hal ini disebabkan karena peningkatan aliran darah kerongga mulut dan percepatan laju pergantian sel-sel pelapis epithelial gusi. Berkumurlah menggunakan air hangat atau air laut untuk mengurangi perdarahan pada gusi.
6.       Hemorroida ( Wasir )
Sering terjadi karena konstipasi ( susah buang air besar ). Untuk menghindarinya, makanlah makanan yang banyak mengandung serat seperti buah-buahan.
7.       Ngidam makanan
Saat kehamilan, indra pengecap menjadi tumpul, jadi makanan yang lebih merangsang dicari-cari.
8.       Insomnia ( sulit tidur )
Pola tidur saat hamil banyak mengalami perubahan, selain itu karena ketidaknyamanan perubahan bentuk perut yang mulai membesar dapat pula menyebabkan sulit tidur.
9.       Keputiahan
Hal ini disebabkan karena peningkatan produksi lendir dan kelenjar dari dalam rahim sebagai akibat dari peningkatan hormone kehamilan. Tingkatkan kebersihan dengan mandi setiap hari, serta gunakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun untuk mengurangi keluhan.
Ternyata banyak juga ya,yang bikin tidak nyaman saat hamil.Tapi, hal itu tentu tak sebanding dengan kebahagiaan menjadi seorang ibu. Benar bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar