Minggu, 02 Oktober 2011

PERSIAPAN MENJELANG PERSALINAN

Waah… tidak terasa, ternyata sudah sembilan bulan anda mengandung sang buah hati. Saatnya menantikan kelahiran sang buah hati yang telah ditunggu-tunggu.Tapi, apa saja yang perlu dipersiapkan ya? Ini dia yang harus dipersiapkan untuk menghadapi persalinan.
1.      Penolong dan tempat persalinan
Rencanakanlah siapa yang anda inginkan untuk menolong persalinan, juga dimanakah tempat persalinannya. Siapkan setidaknya dua nama penolong persalinan, untuk mengantisipasi apabila ternyata penolong tidak bisa karena suatu hal ( mungkin sedang menolong persalinan ditempat lain ). Karena saat ini banyak dokter yang berpraktek tidak hanya di satu tempat, tentu anda bisa memilih ingin persalinannya dibantu siapa dan ditempat praktek yang mana bukan?
2.      Keperluan Bayi
Keperluan bayi tidak hanya baju dan popok saja tapi, anda juga harus mempersiapkan alat mandi bayi mulai dari handuk, sabun mandi, sampo, minyak telon, juga bedak. Untuk mengganti gurita bayi, anda bisa mempersiapkan kaos dalam untuk bayi. Selain itu, sarung tangan, sarung kaki, topi dan juga bedong ( kain untuk menyelimuti bayi ) juga diperlukan untuk menjaga kehangatan bayi.
3.      Keperluan ibu
Selain baju ganti dan alat mandi, pembalut ibu bersalin juga perlu dipersiapkan. Untuk baju, pilih yang bisa dibuka dari depan agar lebih mudah untuk menyusui, juga gunakan bra untuk ibu menyusui. Persiapkan celana dalam yang lebih banyak demi kenyamanan dan kebersihan daerah kewanitaan anda.
4.      Pendamping persalinan.
Tentu suami adalah pilihan pertama untuk mendampingi persalinan tapi, apabila sang suami sedang tidak ditempat anda bisa memilih ibu, saudara, teman, atau tetangga terdekat yang bisa anda percaya untuk mendampingi persalinan anda.
5.      Biaya persalinan
Tanyakan berapa kira-kira biaya persalinan pada calon penolong persalinan anda. Siapkan sejumlah uang untuk keperluan biaya persalinan.
6.      Kendaraan.
Kendaraan atau alat transportasi yang bisa membawa anda menuju ketempat persalinan juga harus dipersiapkan. Tidak harus mobil pribadi tentunya, tapi anda bisa menggunakan jasa angkutan umum seperti angkutan kota.
7.      Penjaga anak yang lain.
Bagi anda yang sedang hamil pertama kali, tentu tidak perlu menyiapkan yang satu ini. Untuk kehamilan yang kedua, anda perlu mempersiapkan siapa yang akan menjaga anak anda saat proses persalinan berlangsung. Hal ini penting, agar anak anda tetap tercukupi kebutuhannya apalagi jika anak anda masih kecil-kecil atau belum mandiri.
Itulah tujuh hal yang harus dipersiapkan menjelang persalinan versi saya. Bagaimana dengan versi anda?  Apakah ada yang perlu ditambahkan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar