Minggu, 09 Oktober 2011

TIPS MENGATASI MUAL SAAT HAMIL

9 dari 10 wanita hamil yang pernah saya temui, mengeluh mual-mual diawal kehamilan. Bahkan ada yang sampai muntah-muntah dan harus rawat inap di Rumah Sakit. Bagi anda atau orang terdekat anda yang mungkin sedang mengalami hal serupa ( semoga tidak sampai di rawat inap ya..), berikut ada tips mengatasi mual di awal kehamilan.
1.      Makan sedikit tapi sering
Makan sedikit tapi sering alias ngemil, sering disarankan oleh dokter untuk mengatasi mual. Bukan berarti ngemil dapat menghilangkan mual, tapi dengan ngemil setidaknya tetap ada masukan nutrisi bagi ibu dan janin.
2.      Hindari makanan yang berminyak
Makanan yang mengandung banyak minyak seperti gorengan sering membuat eneg, sehingga memancing timbulnya rasa mual. Karena itu, hindarilah makanan yang mengandung banyak minyak.
3.      Banyak makan buah-buahan
Seperti yang terjadi pada sepupu saya. Saat hamil,dia memuntahkan apa yang dia makan kecuali buah-buahan. Mungkin karena rasanya yang seger ya…
4.      Minum susu dalam keadaan dingin.
Sering ibu hamil mencium bau susu langsung mual-mual. Bau ini ditimbulkan oleh uap dari air hangatnya, karena itu  cobalah minum susu dalam kedaan dingin.    
5.      Positive Thinking
Ingatlah selalu bahwa anda sedang mengandung calon bayi anda, karena itu anda hendaknya berfikir  positif kalau mual yang anda rasakan bukanlah suatu alasan untuk anda berhenti makan melainkan suatu pertanda kalau calon bayi anda sedang membutuhkan perhatian khusus dari anda.
Semoga lima tips diatas dapat membantu anda atau orang terdekat anda. Atau ada yang mau menambahkan, mungkin berbagi pengalaman seputar mengatasi mual saat hamil, silahkan tinggalkan komentar disini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar